Inilah Kocek Para Bos Facebook

Plasadana.com - Pamor Facebook dalam bisnis internt semakin mencorong dengan penawaran harga saham perdananya. Nilai situs jejaring sosial terbesar di dunia ini diperkirakan akan melewati Google ketika melantai di bursa. Terbayang, bagaimana tebalnya kocek para pengelola Facebook ini. Namun, Marck Zuckerberg malah berencana memangkas gajinya menjadi US$ 1 per tahun. Berapa sebenarnya penghasilan bos Facebook, Mark Zuckerberg?

[imagetag]

Dalam dokumen S-1 yang diajukan ketika Facebook mau melantai di bursa, Mark Zuckerberg memiliki gaji dasar sebesar US$ 500 ribu (sekitar Rp 4,4 miliar) pada 2011. Ia juga menerima bonus US$ 220,5 ribu pada pertengahan tahun pertama. Direksi lain, seperti Sheryl K. Sandberg mendapat US$ 300 ribu, Mike Schroepfer US$ 275 ribu dan Theodore W. Ullyot US$ 275 ribu.

Kalau dalam hitungan bulan Zuckerberg mendapai gaji Rp 366 juta, sekitar tiga kali gaji direktur utama Bank Mandiri. Namun, gaji sebesar itu masih hitungan pokok. Dokumen S-1 juga mengungkap adanya kompensasi lain senilai US$ 783,529. Kompensasi ini meliputi penggunaan pesawat serta tim keamanan khusus terhadap teman dan keluarga Zuckerberg senilai US$ 692,679.

Dalam dokumen penawaran saham perdana, bos besar Facebook justru memangkas habis gaji pokoknya. Gaji Zuckerberg di Facebook nantinya menjadi US$ 1 per tahun, persis seperti mendiang Steve Jobs kala memimpin Apple. Zuckerberg sangat mengidolakan Jobs sehingga kebijakan 1 dolar juga kemungkinan diilhami dari idolanya. "Pada kuartal pertama 2012, kami membahas dan menyetujui permintaan CEO kami untuk menurunkan gaji pokok menjadi US$ per tahun," tulis dokumen S-1.

Gaji boleh sedolar, tapi Zuckerberg dijamin tetap tak akan kekurangan pemasukan. Sejumlah fasilitas masih menggelontor ke Zuckerberg. Mahasiswa drop out dari Harvard itu masih menguasai 28 persen saham di Facebook. Ada beberapa bonus seperti bonus individual, kinerja individu, serta perusahaan.

Facebook menjelma menjadi raksasa internet karena memiliki banyak pendaftar. Perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California, Amerika ini mencatatkan pendapatan sebesar US$ 3,7 miliar. Hingga 2011, jumlah pendaftar Facebook aktif mencapai 800 juta. Diperkirakan pertengahan 2012, Facebook akan memiliki semiliar pendaftar. Kalau dihitung sebagai negara, Facebook akan menjadi negara terbesar kedua di dunia. Di Indonesia saja, Facebook mempunyai pendaftar 43,5 juta.

Sumber: http://plasadana.com/konten.php?kanal=8&id=313

KaptenAOC 02 Feb, 2012

Sparks 02 Feb, 2012


-
Source: http://info-unikz.blogspot.com/2012/02/inilah-kocek-para-bos-facebook.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

lintasberita
Jangan Lupa di Share yaaa... !!!! Klik tombol dibawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar