Ternyata Kerokan Bukan Hanya Milik Indonesia

Kerokan adalah salah satu metode pengobatan alternatif yang banyak digunakan orang untuk menyembuhkan demam, masuk angin, mual dan tidak enak badan. Meski terkesan tradisional, metode ini cukup ampuh menghilangkan rasa tidak nyaman ketika demam.

Kerokan untuk masuk angin

Di Indonesia, kerokan menjadi salah satu terapi tradisional yang paling populer. Mulai dari ibu-ibu di pelosok, hingga artis terkenal melakukan kerokan saat mengalami "masuk angin". Meski populer di tanah air, teknik pengobatan dengan menggaruk kulit ini ternyata juga digunakan di negara lain terutama di Asia dengan nama yang berbeda-beda.

Kerokan di Vietnam

Di Vietnam, kerokan disebut cạo gió yang arti harfiahnya adalah "mengerok angin" atau "menangkap angin". Sama seperti di Indonesia, cạo gió juga memakai koin dan minyak atau balsem.
Selain dengan koin, teknik lainnya menggunakan telur rebus dengan koin dimasukkan di tengah kuning telur. Telur dibungkus dalam sepotong kain dan diusapkan di atas dahi (dalam kasus demam) dan daerah lain kulit. Setelah menggosok, ketika koin tersebut diambil dari telur, maka akan tampak hitam.
Kerokan di Kamboja
Di Kamboja kerokan disebut goh kyol. Arti harfiahnya adalah "mengeluarkan sakit karena angin". Teknik yang digunakan di Kamboja sama dengan yang ada di Vietnam.


http://www.adaisinya.com/2011/12/ter...nya-milik.html

koentjoro 31 Dec, 2011

Mr. X 31 Dec, 2011
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2011/12/ternyata-kerokan-bukan-hanya-milik.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com


lintasberita
Jangan Lupa di Share yaaa... !!!! Klik tombol dibawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar