Pendidikan adalah investasi sosial jangka panjang

Pendidikan adalah investasi sosial jangka panjang

Bandung - Pendidikan adalah investasi sosial jangka panjang. Sumberdaya alam adalah modal pembangunan, namun nilai strategis dari pendidikan jauh lebih berdampak jangka panjang dan permanen dibandingkan dengan kekuatan sumberdaya alam.

"Infrastruktur atau sarana fasilitas umum adalah kebutuhan tambahan dalam proses pembangunan. Dan peningkatan kualitas SDM berupa pendidikan jauh lebih strategis dan berdampak jangka panjang daripada kelengkapan fasilitas umum tersebut," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Dies Natalis ke-13 dan Wisuda Program Diploma, Sarjana dan Magister lulusan Universitas Garut tahun 2011, Kamis (29/12).

Menurutnya, Fakta menunjukan bahwa untuk menjadi bangsa yang maju, harus dimulai dengan membangun masyarakat berpengetahuan (knowledge based society), dan ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge based economic).

Para pakar, ungkap gubernur, mengemukakan temuannya bahwa negara maju, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat, merupakan negara yang menyisihkan anggaran pembangunannya untuk aspek pendidikan.

Anggaran pendidikan
"Berdasarkan pertimbangan itulah, dalam tiga tahun terakhir, Pemprov Jawa Barat telah menetapkan untuk terus meningkatkan anggaran pendidikan, baik pada tingkat pendidikan dasar, menengah maupun perguruan tinggi," kata Ahmad Heryawan.

Dalam mewujudkan masyarakat Jawa Barat berpengetahuan itu, Pemprov berbagai kebijakan yang diarahkan pada usaha-usaha peningkatan kualitas SDM Jabar seperti pemberian subsidi atau beasiswa kepada rakyat miskin, BOS Provinsi, Bagus, BSM, serta bantuan sarana fisik pendidikan berupa penambahan ruang kelas baru.

"Untuk tingkat perguruan tinggi, Pemerintah telah mengeluarkan beasiswa kepada mahasiswa Jawa Barat, dan juga memberikan biaya pendidikan bagi para bidan desa. Semua hal itu, adalah bagian penting dari usaha membangun masyarakat Jawa Barat yang berkualitas," ungkap gubernur seperti dilansir jabarprov.go.id.

Editor : M. Achsan Atjo (atjo@gresnews.com)

Sumber : http://www.jabarprov.go.id dan http://www.gresnews.com

fadh 30 Dec, 2011

Admin 30 Dec, 2011
-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2011/12/pendidikan-adalah-investasi-sosial.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com


lintasberita
Jangan Lupa di Share yaaa... !!!! Klik tombol dibawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar