[Tips komputer] Spam Mendompleng Video Kematian Muammar Khadafi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Trend Micro, kembali menemukan pesan spam yang memanfaatkan meninggalnya Muammar Khadafi dengan iming-iming video dan gambar menarik agar pengguna internet men-download file berbahaya.

Setidaknya ada tiga kasus temuan. Trend Micro mengindikasikan bahwa pesan spam yang mengklaim video kematian Khadafi tersebut sempat dimuat dan menyamarkan diri sebagai newsletter yang berasal dari CNN di Spanyol.

Berita tersebut menginformasikan kepada pengguna untuk men-download rekaman video kematian Khadafi. File video bernama video-Khadafi.mpeg.exe tersebut ternyata membawa malware dengan identifikasi BKDR_IRCBOT.DAM yang akan menghubungkan pengguna ke server penyebar malware. (gambar 1)

Pesan spam kedua, ditemukan oleh Trend Micro dalam bentuk file attachment .RAR yang dikirim via email. File ini disebut berisi "gambar tubuh terakhir Muammar Khadafi", tapi tanpa sadar ketika kita meng-ekstraknya kita justru sedang mempersiapkan malware menyerang. (gambar 2)

Pesan ketiga, diidentifikasi dalam file Ghadafi.exe, diduga merupakan malicious yang telah dideteksi sebagai BKDR_EXDEPH.A. (gambar 3)

Profil virus kini telah jauh berubah - dari wabah global ke dalam serangan yang canggih dan ditargetkan. Menyadari bahwa teknik masa lalu kurang efektif, kini penjahat dunia maya terus-menerus datang dengan teknik baru untuk mengelabui dan menginfeksi pengguna. Mereka terus merilis varian threat baru, meningkatkan kecepatan threat, dan menggunakan threat seperti serangan acak, mencuri data melalui malware, dan botnet.

Kejadian ini pun mengingatkan pada semua negara, agar tetap meningkatkan kewaspadaan bahwa intelijen keamanan dalam teknologi informasi, cloud dan mobile, merupakan hal yang sangat penting.






sumber : http://id.spesial.yahoo.com/blogs/techguide/spam-mendompleng-video-kematian-muammar-khadafi.html


--
Posting oleh New bie ke Tips komputer pada 11/06/2011 08:28:00 PM

lintasberita
Jangan Lupa di Share yaaa... !!!! Klik tombol dibawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar