Yuk, Intip Sejarah Berdirinya Facebook

[imagetag]

SAN FRANSISCO: Ini dia tanggal-tanggal penting dalam sejarah Facebook, yang mengajukan penawaran umum saham perdana pada Rabu (1/2).

Pada 2004

-Januari: Mark Zuckerberg, berusia 19 tahun jagoan komputer di Universitas Harvard, dari kamar asramanya mulai mengembangkan jejaring online yang awalnya bertujuan untuk menghubungkan para mahasiswa Harvard.

-Februari: Thefacebook.com, seperti yang kemudian disebut, diluncurkan oleh Zuckerberg dan tiga teman sekamarnya serta teman sekelas di Harvard, yakni Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz.

-Mei: Zuckerberg pindah ke Silicon Valley dan memutuskan untuk tidak kembali ke Harvard untuk semester musim gugur.

-Juli: Facebook menerima investasi pertama: US$500 ribu dari salah satu  pendiri PayPal, Peter Thiel.

-September: Facebook menambahkan "The Wall" untuk profil pengguna.

Pada 2005 

-April: Facebook mendapat pendanaan besar putaran kedua sebesar US$12,7 juta dari Accel Partners.

-Agustus: Thefacebook.com resmi mengubah namanya menjadi Facebook.

Pada 2006

-Februari: Viacom menawarkan untuk membeli Facebook senilai US$1,5 miliar, tetapi ditolak. Yahoo! juga membuat tawaran yang tidak berhasil yaitu US$1 miliar.

-September: Facebook menambahkan "News Feed" dan terbuka untuk siapapun asalkan dia berusia 13 tahun.

Pada 2007 

-September: Facebook meluncurkan dana US$10 juta, menyediakan uang untuk perusahaan atau individu yang ingin membangun aplikasi.

-Oktober: Microsoft mengambil saham senilai US$240 juta di Facebook pada sebuah kesepakatan yang menilai saham jejaring sosial di angka US$15 miliar. Facebook saat itu memiliki 50 juta anggota.

-Desember: Zuckerberg meminta maaf atas "kesalahan" dalam peluncuran platform iklan baru yang disebut Beacon yang melacak pembelian yang dibuat oleh anggota Facebook dan membiarkan teman-teman mereka tahu apa yang telah mereka beli.

Pada 2008  

-Februari: Sebuah penyelesaian US$65 juta dicapai dengan si kembar Tyler dan Cameron Winklevoss atas tuduhan bahwa Zuckerberg mencuri ide mereka untuk Facebook semasa di Harvard. Pada saat yang sama, Facebook meluncurkan sebuah situs Spanyol.

-Maret: Sheryl Sandberg, seorang eksekutif utama Google, dipekerjakan sebagai chief operating officer Facebook. Situs Facebook Prancis dan Jerman diluncurkan.

-April: Facebook menurunkan tahta MySpace menjadi situs jejaring sosial yang paling populer di dunia.

-Agustus: keanggotaan Facebook capai 100 juta.

-September: Zuckerberg dinobatkan sebagai salah satu dari 400 orang Amerika terkaya oleh Majalah Forbes dengan kekayaan diperkirakan sebesar US$1,5 miliar.

 -Oktober: Facebook membuka kantor pusat internasionalnya di Dublin, Irlandia.

 Pada 2009 

-Maret: Facebook meluncurkan aplikasi mobile pertama untuk situs.

-April: Keanggotaan Facebook mencapai 200 juta.

-Mei: perusahaan internet Rusia Digital Sky Technologies menginvestasikan US$200 juta di Facebook dalam kesepakatan bahwa nilai perusahaan pada US$10 miliar.

-September: Keanggotaan mencapai 300 juta. Zuckerberg mengatakan jejaringan sosialnya telah menjadi "arus kas positif," yang berarti  penghasilannya telah mencukupi untuk menutupi biaya operasional.

-Desember: The Electronic Privacy Information Center, Center for Digital Democracy dan lain-lain meminta Komisi Perdagangan Federal AS untuk melihat kebijakan privasi dalam Facebook, mengklaim telah tertipu pengguna atas perlindungan data pribadi mereka ketika pihaknya mengubah pengaturan privasi.

Pada 2010

-Februari: keanggotaan Facebook mencapai 400 juta.

-Mei: Pakistan menutup akses ke Facebook setelah sebuah perlombaan mendorong pengguna untuk mengirim karikatur Nabi Muhammad di situs.

-Juli: Keanggotaan mencapai 500 juta. Lady Gaga menjadi orang pertama dengan 10 juta penggemar di Facebook, melampaui batas beberapa hari ke depan Presiden AS Barack Obama.

-Agustus: Facebook meluncurkan Facebook Places, yang memungkinkan

anggota menggunakan  perangkat ponsel untuk berbagi keberadaan mereka.

-Oktober: The Social Network, film yang sutradarai David Fincher tentang asal dari Facebook, sukses di bioskop-bioskop. Film yang ditulis oleh Aaron Sorkin dan dibintangi Jesse Eisenberg dan bintang pop Justin Timberlake ini mencapai box office. Dinominasikan untuk delapan Oscar, dan

meraih tiga: untuk the best adapted screenplay, original score dan film editing.

-November: Alamat email Facebook.com diluncurkan.

-Desember: majalah Time memberi Zuckerberg gelar Person of the Yearuntuk mengubah cara kita menjalani hidup kita setiap hari.

Pada 2011

-Januari: Sebuah penawaran saham privat menghasilkan US$1,5 miliar dari investor dan nilai Facebook pada US$50 miliar.

 -Februari: Facebook mengumumkan rencana untuk pindah dari Palo Alto ke sebuah kampus luas yang pernah menjadi basis untuk Sun Microsystems di dekat Menlo Park.

 -April: Facebook mulai menawarkan sebuah program serupa transaksi harian untuk tawar-menawar online yang dipopulerkan oleh Groupon tetapi menutup program tersebut pada Agustus. Obama mengunjungi markas Facebook di Palo Alto, menerima pertanyaan dari Zuckerberg, karyawan dan seorang audience online.

-September: Halaman timeline diperkenalkan yang memungkinkan pengguna Facebook merubah profil mereka ke dalam buku memo digital interaktif yang menceritakan kisah kehidupan mereka.

-November: Facebook setuju untuk memperketat kebijakan privasi dan menyerahkan kepada audit eksternal dalam penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Federal AS.

Pada 2012

-Januari: Facebook mengajukan untuk penawaran umum saham perdana (IPO) yang ingin menghimpun sedikitnya US$5 miliar. (Ant/OL-9)

[imagetag]

Sigit Priambodo 02 Feb, 2012

Sparks 02 Feb, 2012


-
Source: http://hornyberat.blogspot.com/2012/02/yuk-intip-sejarah-berdirinya-facebook.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

lintasberita
Jangan Lupa di Share yaaa... !!!! Klik tombol dibawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar