TEKNOLOGI : JEPANG CIPTAKAN TIKUS YANG BISA BERKICAU

[imagetag]

Seekor tikus yang bisa bersiul, telah diciptakan oleh ilmuwan asal Jepang pimpinan Arikuni Uchimura, melalui Evolve Mouse Project yang bertujuan untuk mempelajari evolusi bahasa manusia.

Saat ini, laboratorium pimpinan Takeshi Yagi, telah menghasilkan 100 tikus yang bisa berkicau untuk penelitian. Laboratorium itu, terdapat di Sekolah Pascasarjana Biosains di Universitas Osaka. Selain tikus yang berkicau, proyek ini juga telah menghasilkan tikus yang berkaki pendek dan memiliki ekor unik.

Dalam riset itu, tikus yang direkayasa genetika disilangkan selama beberapa generasi. "Kami melihat satu per satu tikus yang dilahirkan. Suatu hari, kami menemukan tikus yang bisa berkicau seperti burung," ujar Uchimura seperti dikutip AFP.

Uchimura mengungkapkan, tikus yang bisa berkicau itu lahir karena adanya peluang yang muncul. Namun, sifat berkicau bisa diturunkan ke generasi berikutnya. "Saya terkejut, karena saya mengharapkan sebelumnya seekor tikus yang memiliki karakteristik fisik yang berbeda," ungkap Uchimura.

Tim peneliti dari Jepang berharap, penelitian terhadap tikus ini mampu menguak bagaimana bahasa manusia berevolusi, seperti halnya penelitian tentang burung berkicau di Amerika.

Uchimura mengatakan, tikus lebih baik dari burung karena mereka mamalia, dan lebih dekat ke manusia dalam struktur otak ataupun aspek biologi lainnya. Penelitian akan dilakukan dengan melihat suara yang diproduksi tikus. "Suara yang dihasilkan bisa saja merupakan ekspresi emosi, atau kondisi tubuh tertentu," ujar Uchimura.

Sejauh ini, kata Uchimura, penelitian menunjukkan tikus-tikus yang tumbuh bersama dengan tikus yang mampu bersiul memproduksi suara derit ultrasonik yang lebih sedikit. Artinya, komunikasi berjalan antarkelompok tikus itu seperti sebuah dialek berkembang. "Saya tahu apa yang saya lakukan ini terlalu absurd, tetapi saya melakukannya dengan harapan bisa membuat Mickey Mouse suatu hari," tutur Uchimura.

[sumber : surya.co.id]
[imagetag]

up2det 01 Feb, 2012

Sparks 02 Feb, 2012


-
Source: http://info-unikz.blogspot.com/2012/02/teknologi-jepang-ciptakan-tikus-yang.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

lintasberita
Jangan Lupa di Share yaaa... !!!! Klik tombol dibawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar