Peran Beatles Mempopulerkan Zebra Cross



[imagetag]
Beatles telah menjadi legenda. Musiknya dikenal di seluruh dunia. Para anggota grup musik ini juga memiliki puluhan juta penggemar di berbagai negara. Tapi tahukah Anda,  Beatles juga punya peran penting dalam menyokong aturan berlalu lintas di dunia? Grup musik ini menjadikan zebra cross masuk sebagai salah satu standar internasional peraturan lalu lintas.

Rambu berwarna hitam-putih selang-seling ini secara resmi pertama kali dikenalkan pada tahun 1951. Untuk pertam kalinya, zebra croos dibuat di perempatan t Slough di sebelah barat London. Rambu lalu lintas ini lahir dari keresahan para pejabat di Inggris saat itu akan tingginya tingkat kecelakaan yang menelan korban.

Dari kegelisahan itu kemudian Laboratorium Penelitian Transportasi Inggris membuat beberapa percobaan untuk membuat rambu menyeberang jalan di ribuan lokasi pada tahun 1949. Dari berbagai penelitian itulah, menurut wired.com, para ahli sepakat bahwa rambu penyeberangan yang paling membantu pengguna jalan adalah berbentuk zebra cross seperti yang ada saat ini.

Kemudian penemuan nama zebra cross banyak dilekatkan dengan nama seorang anggota parlemen Inggris yang kemudian juga menjadi perdana menteri, Jim Callaghan. Ceritanya, dialah pejabat yang pertama kali mendatangi Laboratorium Penelitian Transportasi Inggris untuk membicarakan masalah rambu penyeberangan tersebut.

Nama zebra cross sendiri lahir dari kementerian transportasi Inggris. Saat percobaan dijalankan dan muncul beberapa alternative rambu penyeberangan, pihak kementerian menyebutnya dengan nama-nama binatang, seperti pelikan, pegasus dan sebagainya. Setelah dibahas panjang, rambu yang kemudian disetujui adalah rambu hitam-putih mirip warna kulit zebra. Rambu tersebut kemudian dinamai zebra cross.

Setelah diterapkan di Inggris, beberapa negara kemudian membuat rambu tersebut secara pelan tapi pasti. Penyebaran pupolaritas zebra cross langsung melejit begitu Beatles membuat sampul album bergambar personel grup ini menyeberang zebra cross di Road Abbey.  Album berlabel tahun 1969 itu memang direkam di Studio Abey Road.

Dari sampul album Beatles inilah kemudian zebra cross menjadi sangat terkenal, dan secara luas diterapkan di berbagai negara. Album yang direkam selama dua bulan ini kemudian dikenal sebagai album Abbey Road. Produser Beatles, Sir George Martin, mengungkapkan album ini termasuk album Beatles yang sukses di pasar. Kini, zebra cross di Road Abbey menjadi salah satu situs sejarah yang dilestarikan pemerintah Inggris. Wisatawan dari berbagai penjuru dunia berdatangan ke lokasi tersebut untuk berfoto meniru pose para personel Beatles.

[imagetag]


[imagetag]

noreply@blogger.com (Anak Muda) 30 Jan, 2012

Sparks 30 Jan, 2012


-
Source: http://unik-asik-aneh.blogspot.com/2012/01/peran-beatles-mempopulerkan-zebra-cross.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

lintasberita
Jangan Lupa di Share yaaa... !!!! Klik tombol dibawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar