1.000 Sandal Butut untuk Briptu AR

Sebuah ironi hukum terjadi di Indonesia. Gara-gara iseng mencuri sepasang sandal jepit, AAL, pelajar sebuah sekolah menengah kejuruan negeri itu jadi pesakitan di pengadilan.

Ancaman hukum yang ia hadapi tak main-main, lima tahun bui, untuk sandal butut milik seorang anggota polisi, Briptu AR. Malangnya, AAL sempat jadi bulan-bulanan. Diinterogasi, bahkan dipukuli dengan tangan dan benda tumpul hingga lebam di punggung, kaki, dan tangan.

Mencuri memang bukan tindakan terpuji, sesepele apapun barang yang diambil. Namun tindakan anggota polisi yang menggunakan kekuasaannya untuk menghukum orang lain secara berlebihan, tentu saja tak boleh dilakukan.

Simpati publik untuk AAL pun menyeruak. Berbagai elemen masyarakat didukung oleh sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat, beramai-ramai mengadu ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Mereka bahkan membuka 'Posko Sandal untuk Kapolri' sebagai bentuk protes atas ketidakadilan yang menimpa bocah AAL.

Masyarakat bahkan berduyun-duyun mengumpulkan sandal jepit untuk Briptu AR guna mengganti kerugian materiil yang ia derita. "Sekarang sudah terkumpul sampai seribu sandal. Yang hilang (dicuri AAL) 3 sandal, tapi ini supaya Briptu AR puas. Supaya dia tidak perlu beli sandal seumur hidup," kata Sekjen KPAI M. Ikhsan, saat dihubungi, Kamis 29 Desember 2011.

Dia menegaskan, terkumpulnya seribu sandal itu adalah bentuk keprihatinan warga terhadap penegakan hukum di negeri ini yang hanya mengedepankan sisi prosedural tanpa mempertimbangkan sisi manusiawi. Dari segi prosedur penanganan bocah AAL pun, terang Ikhsan, polisi menyalahi prosedur, di mana perlakuan terhadap pelaku kejahatan anak-anak seharusnya dibedakan dengan orang dewasa.

"Dari segi hukum, seharusnya anak-anak dibina, dibimbing, dan dikembalikan ke orang tuanya. Jadi kasus ini jelas-jelas mengabaikan Surat Edaran Kapolri yang berisi instruksi agar kasus anak diberi perlakuan berbeda," jelas Ikhsan.

Lihat videonya di sini.
VIVAnews

Hukum di Negara yang Bobrok :berdukas:berdukas

8orneo 30 Dec, 2011

Mr. X 30 Dec, 2011
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2011/12/1000-sandal-butut-untuk-briptu-ar.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com


lintasberita
Jangan Lupa di Share yaaa... !!!! Klik tombol dibawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar